Sejarah Pekon

28 Maret 2020
IZMIANTORO
Dibaca 861 Kali

Pekon Tanjung Anom berdiri pada tahun 1935, didirikan oleh para pendatang dari pulau jawa.

Sebelum berdirinya pekon Tanjung Anom,daerah ini merupakan kawasan hutan,dan setelah datangnya beberapa orang dari pulau jawa maka sedikit demi sedikit mulai dilakukan penebangan / pembukaan lahan untuk kawasan pemukiman.

Seiring berjalannya waktu maka diangkatlah seorang pemimpin yang bernama Bapak MARTO PAWIRO yang menjabat selama 29 Tahun.

Dalam perjalanan sejarahnya, pekon Tanjung Anom telah banyak mengalami dinamika dan perubahan diberbagai hal, baik Pemerintahan, perkembangan penduduk dan aspek lainnya yang banyak mempengaruhi maju mundurnya kondisi pekon dari waktu ke waktu. Pekon Tanjung Anom mengalami beberapa peralihan pemerintahan.

Sejak Tahun 1935 sampai dengan tahun 2014. Pekon Tanjung Anom telah mengalami peralihan / Pergantian Pemimpin sebanyak 7 ( Tujuh ) kali.

Pada tahun 2014 tepatnya pada bulan maret pekon Tanjung Anom dipimpin oleh PJ Kepala Pekon sampai pada terlantiknya Kepala Pekon Definitif yang benama Bapak MUHYIDIN tepatnya pada tanggal 02 Agustus 2016.

Pekon Tanjung Anom merupakan daerah dataran rendah yang sebagian besar adalah persawahan sehingga menjadikan pekon Tanjung Anom wilayah Agraris yang sebagian besar warga masyarakatnya berprofesi sebagai petani.

Pekon Tanjung Anom terdiri atas 4 Dusun,yakni :

  1. Dusun I
  2. Dusun II
  3. Dusun III
  4. Dusun IV